Press Release
Peningkatan Aktivitas Kegempaan Gunungapi Lokon, Sulawesi Utara

Senin, 15 Mei 2017 08:26:40 WIB

Image

Gunungapi Lokon yang saat ini berada pada Level 2 Waspada mengalami peningkatan aktivitas pada hari Minggu, 14 Mei hingga 15 Mei 2017 hari ini. dari pengamatan visual Pos Pengamatan Gunungapi Lokon, gunungapi teramati jelas hingga tertutup kabut tebal. Asap kawah bertekanan lemah berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi 25 - 150 meter dari atas kawah puncak.

Sejak 14 Mei 2017 hingga pagi ini (15 Mei 2017) pukul 06:00 WITA terekam kegempaan Vulkanik Dalam sebanyak 19 kali dan Vulkanik Dangkal 48 kali. Hembusan terekam sebanyak 38 kali, meningkat dari hari sebelumnya yang hanya terekam 3 kali. Meskipun terjadinya letusan tidak dapat dipastikan, probabilitas untuk terjadi letusan meningkat. Koordinasi dengan Pemda, BPBD maupun pihak terkait lainnya termasuk stakeholders penerbangan telah dan terus dilakukan untuk meminimalisir risiko bencana.

Rekomendasi:

Masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendekati dan beraktivitas di dalam radius 1.5 km dari Kawah Tompaluan (Pusat aktivitas vulkanik).

VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation):

Kode untuk VONA dikeluarkan dengan warna Kuning (YELLOW) yang mengindikasikan adanya peningkatan aktivitas kegempaan Gunungapi Lokon, meskipun dari pengamatan secara Visual dan kegempaan belum menunjukkan terjadinya erupsi.

Follow Kami

Pilih salah satu akun sosial media kami untuk mendapatkan update terkini tentang bahaya geologi di Indonesia.


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi

Badan Geologi

Kementerian ESDM