Laporan Aktivitas
Level I (Normal)
Tangkuban Parahu, Kamis - 22 September 2022, periode 00:00-24:00 WIB

Dibuat oleh, Adzan Anugrah Indiarsyah


Gunung Api Tangkuban Parahu terletak di Kab\Kota Subang, Bandung, Jawa Barat dengan posisi geografis di Latitude -6.77°LU, Longitude 107.6°BT dan memiliki ketinggian 2084 mdpl

Tangkuban Parahu, Kamis - 22 September 2022
Pengamatan Visual

Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi asap tidak teramati. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah utara dan selatan.

Keterangan Lainnya

Untuk saat ini tekanan gas di Kawah Ecoma lemah-sedang, maka dari itu dihimbau kepada pengelola wisata, pengunjung/wisatawan, pedagang, masyarakat yang berada di sekitar kawah untuk lebih berhati-hati.

Klimatologi

Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah utara dan selatan. Suhu udara sekitar 16-24°C.

Pengamatan Kegempaan

10 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 1.5-3 mm, dan lama gempa 8-12 detik.


11 kali gempa Low Frequency dengan amplitudo 1.5-10 mm, dan lama gempa 10-16 detik.


1 kali gempa Vulkanik Dangkal dengan amplitudo 2 mm, dan lama gempa 8 detik.


Rekomendasi

1. (a) Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu, pedagang, wisatawan, dan pendaki tidak turun ke dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas, serta tidak diperbolehkan menginap/berlama-lama berada di dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks G. Tangkuban Parahu. (b) Segera menjauhi/meninggalkan area sekitar kawah jika teramati peningkatan intensitas/ketebalan asap kawah dan/atau jika tercium bau gas yang menyengat untuk menghindari potensi bahaya paparan gas beracun maupun erupsi freatik.
2. Mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik yang dapat terjadi secara tiba-tiba, yaitu dengan tidak berlama-lama berada di sekitar area kawah aktif G. Tangkuban Parahu agar terhindar dari paparan gas yang dapat berdampak bagi kesehatan dan keselamatan jiwa.
3. Mewaspadai terjadinya letusan freatik yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala peningkatan vulkanik yang jelas.
4. Masyarakat di sekitar G. Tangkuban Parahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan G. Tangkuban Parahu, tetap memperhatikan perkembangan kegiatan G. Tangkuban Parahu yang dikeluarkan oleh BPBD setempat dan selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat.