Laporan Aktivitas
Level I (Normal)
Rokatenda, Jumat - 05 Agustus 2022, periode 00:00-24:00 WITA

Dibuat oleh, Anggi Nuryo Saputro, A.Md.


Gunung Api Rokatenda terletak di Kab\Kota Sikka, Nusa Tenggara Timur dengan posisi geografis di Latitude -8.32°LU, Longitude 121.708°BT dan memiliki ketinggian 875 mdpl

Rokatenda, Jumat - 05 Agustus 2022
Pengamatan Visual

Gunung api terlihat jelas. Asap kawah nihil. Cuaca cerah, angin lemah ke arah utara dan selatan.

Keterangan Lainnya

Nihil

Klimatologi

Cuaca cerah, angin lemah ke arah utara dan selatan.

Pengamatan Kegempaan

3 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 1.5-3 mm, S-P 18-51 detik dan lama gempa 36-107 detik.


Rekomendasi

1. Masyarakat disekitar G. Rokatenda dan wisatawan dihimbau agar tidak melakukan kegiatan di sekitar kawah G . Rokatenda untuk menghindari ancaman gas beracun maupun disekitar lembah/sungai yang berhulu di G. Rokatenda untuk menghindari banjir lahar akibat hujan.
2. Masyarakat agar senantiasa mengikuti arahan pemerintah daerah setempat serta tidak mempercayai isu-isu mengenai aktivitas G. Rokatenda yang tidak jelas sumbernya.
3. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi akan selalu berkoordinasi dengan BNPB, pemerintah setempat, BPBD provinsi Nusa Tenggara Timur dan BPBD Kab Sikka dalam memberikan informasi tentang aktivitas G. Rokatenda.
4. Masyarakat maupun BNPB, BPBD, provinsi Nusa Tenggara Timur, BPBD Kab Sikka dan instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan tingkat aktivitas maupun rekomendasi G. Rokatenda setiap saat melalui Magma Indonesia yang dapat diakses melalui website https://magma.esdm.go.id atau apps di Android Magma Indonesia yang dapat diunduh di Google Play Store.