Laporan Aktivitas
Level I (Normal)
Dieng, Rabu - 24 November 2021, periode 00:00-24:00 WIB

Dibuat oleh, Surip


Gunung Api Dieng terletak di Kab\Kota Banjarnegara, Wonosobo, Batang, Jawa Tengah dengan posisi geografis di Latitude -7.2°LU, Longitude 109.92°BT dan memiliki ketinggian 2565 mdpl

Dieng, Rabu - 24 November 2021
Pengamatan Visual

Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-II. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 10-50 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah selatan.

Keterangan Lainnya

Asap Kawah Timbang putih tebal tinggi lk 30 meter, tidak tampak aliran gas dari dasar kawah

Klimatologi

Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah selatan. Suhu udara sekitar 14-19°C.

Pengamatan Kegempaan

1 kali gempa Tektonik Lokal dengan amplitudo 10.7 mm, S-P 1.35 detik dan lama gempa 13.2 detik.


Rekomendasi

1. Masyarakat dan wisatawan tidak mendekati Kawah Sileri pada jarak 500 meter dari bibir Kawah.
2. Masyarakat tidak melakukan aktifitas di Kawah Timbang, karena adanya ancaman bahaya gas CO2 dan H2S yang berbahaya bagi kehidupan.
3. Masyarakat agar Waspada jika melakukan penggalian tanah di sekitar Kawah Timbang dengan kedalaman lebih dari 1 ( satu ) meter karena dapat berpotensi terancam bahaya gas CO2 dan H2S.
4.Masyarakat agar tidak mendekati dan tidak beraktivitas di sekitar Kawah Siglagah paska semburan lumpur
5. Masyarakat agar tetap tenang tidak terpancing isu-isu terkait dengan aktifitas Gunungapi Dieng dan agar selalu mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah.
6. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan BPBD Kab. Banjarnegara, BPBD Kab. Wonosobo, serta BPBD Kab. Batang agar selalu berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau melalui Pos Pengamatan Gunungapi Dieng di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Telp. 081215015284, tentang aktifitas Gunungapi Dieng.