Laporan Aktivitas
Level III (Siaga)
Agung, Selasa - 30 Juni 2020, periode 12:00-18:00 WITA

Dibuat oleh, I Dewa Made Merthe Yasa


Gunung Api Agung terletak di Kab\Kota Karangasem, Bali dengan posisi geografis di Latitude -8.342°LU, Longitude 115.508°BT dan memiliki ketinggian 3142 mdpl

Agung, Selasa - 30 Juni 2020
Pengamatan Visual

Gunung api tertutup Kabut 0-I hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca cerah hingga berawan, angin lemah ke arah barat.

Keterangan Lainnya

Nihil

Klimatologi

Cuaca cerah hingga berawan, angin lemah ke arah barat. Suhu udara sekitar 17-27°C. Kelembaban 74-87%.

Pengamatan Kegempaan

2 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 7-17 mm, S-P 13-17 detik dan lama gempa 55-110 detik.


Rekomendasi

(1) Masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru.
(2) Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.