Laporan Singkat Gerakan Tanah

Laporan Tanggapan Gerakan Tanah di Inerie, Inerie, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur

Dibuat oleh Kibar Muhammad Suryadana, S.T., 04 September 2021 pukul 18:42:08 WIB

Lokasi dan Waktu Kejadian

Gerakan tanah terjadi di Inerie, Inerie, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 2021-09-03 pukul 01:00:00 WITA. Secara Geografis, lokasi kejadian gerakan tanah terletak pada posisi -8.915854 LU dan 120.911178 BT.

Rekomendasi

Masyarakat yang bermukim di bawah dan pada tebing dan sepadan sungai, serta yang beraktivitas di daerah berlereng dan dimulut lembah sungai atau di meander Sungai harap waspada terhadap banjir bandang dan erosi sungai jika curah hujan tinggi

Foto Kejadian dan Sosialisasi
Download Peta
Informasi Gerakan Tanah
Tipe Gerakan Tanah
Belum dilaporkan.
Dampak Gerakan Tanah

2 korban meninggal dunia

5 unit rumah hancur


Kondisi Daerah Bencana
Morfologi
Secara umum lokasi gerakan tanah ini merupakan daerah perbukitan, pegunungan yang memiliki kemiringan lereng Agak curam (moderately steep) : 8º - 16º, Curam (steep) : 16º - 35º, Sangat curam (very steep) : 35º - 55º
Geologi
Berdasarkan peta geologi, lokasi bencana tersusun oleh formasi Hasil Gunungapi Tua Wolo Pago kompleks Gunungapi aktif Inerie. Jenis Batuan di antaranya adalah Lava bersusunan andesit piroksen, aglomerat, tufa dan tuf lapili dan pelapukannya . Jenis Pelapukan berupa Vulkanik.
Keairan
Keairan di lokasi gerakan tanah berupa Sungai.
Tata Guna Lahan
Tata Guna Lahan di lokasi gerakan tanah ini berupa Pemukiman, Kebun Campuran, Hutan.
Kerentanan
Berdasarkan Peta Potensi Gerakan Tanah yang dikeluarkan Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada bulan ini, lokasi bencana berada pada Zona Potensi Gerakan Tanah Rendah. Yang artinya daerah ini memiliki potensi rendah untuk terjadi gerakan tanah.

Faktor Penyebab Gerakan Tanah
Curah Hujan Yang Tinggi
Pelapukan
Kemiringan Lereng
Drainase Buruk