Laporan Singkat Gerakan Tanah

Laporan Tanggapan Gerakan Tanah di Lembang Salutandung, Saluputti, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Dibuat oleh Agus Budianto, Ir., 29 April 2021 pukul 05:45:08 WIB

Lokasi dan Waktu Kejadian

Gerakan tanah terjadi di Lembang Salutandung, Saluputti, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada tanggal 2021-04-29 pukul 05:45:08 WITA. Secara Geografis, lokasi kejadian gerakan tanah terletak pada posisi -3.0296084 LU dan 119.7281255 BT.

Rekomendasi

a) Masyarakat yang beraktivitas di sekitar lokasi bencana dan para pengguna jalan agar lebih waspada terhadap longsor susulan terutama pada saat hujan turun dalam waktu lama.
b) Proses pembersihan material longsoran agar mengutamakan aspek keselamatan dan waspada terhadap longsor susulan. Hentikan pengerjaan ketika hujan deras turun.
c) Tidak berhenti atau memarkir kendaraan di sekitar lokasi longsor atau di bawah lereng yang terjal terutama ketika hujan deras turun dan sesaat sesudahnya.
d) Melakukan pelandaian lereng atau membuat perkuatan lereng untuk meningkatkan kestabilan lereng terutama pada lereng yang terjal dan minim vegetasi.
e) Melestarikan vegetasi berakar kuat dan dalam di daerah berlereng terjal.
f) Meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai daerah rawan longsor dengan memasang rambu-rambu peringatan sebagai upaya mitigasi bencana gerakan tanah.
g) Masyarakat agar selalu mengikuti arahan pemerintah setempat.

Informasi Gerakan Tanah
Tipe Gerakan Tanah
Longsoran Translasi
Dampak Gerakan Tanah

20 meter jalan rusak


Kondisi Daerah Bencana
Morfologi
Secara umum lokasi gerakan tanah ini merupakan daerah perbukitan yang memiliki kemiringan lereng Curam (steep) : 16º - 35º, Sangat curam (very steep) : 35º - 55º
Geologi
Belum dilaporkan.
Keairan
Belum dilaporkan.
Tata Guna Lahan
Tata Guna Lahan di lokasi gerakan tanah ini berupa Jalan, Semak Belukar.
Kerentanan
Berdasarkan Peta Potensi Gerakan Tanah yang dikeluarkan Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada bulan ini, lokasi bencana berada pada Zona Potensi Gerakan Tanah Tinggi. Yang artinya daerah ini memiliki potensi tinggi untuk terjadi gerakan tanah.

Faktor Penyebab Gerakan Tanah
Curah Hujan Yang Tinggi
Pelapukan
Kemiringan Lereng
Pemotongan Lereng
Lainnya : Tebing Pinggir Jalan