Laporan Singkat Gerakan Tanah

Laporan Tanggapan Gerakan Tanah di Teluk Air, Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau

Dibuat oleh Agus Budianto, Ir., 11 April 2021 pukul 21:31:05 WIB

Lokasi dan Waktu Kejadian

Gerakan tanah terjadi di Teluk Air, Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau pada tanggal 2021-04-11 pukul 21:31:05 WIB. Secara Geografis, lokasi kejadian gerakan tanah terletak pada posisi 0.995871 LU dan 103.4410621 BT.

Rekomendasi

a) Masyarakat yang beraktivitas di sekitar lokasi bencana dan para pemilik rumah agar lebih waspada terhadap longsor susulan terutama pada saat hujan turun dalam waktu lama.
b) Rumah terdampak masih dapat dihuni dengan terlebih dulu melakukan perbaikan. Proses perbaikan agar selalu mengutamakan aspek keselamatan dan waspada terhadap longsor susulan. Hentikan pengerjaan jika hujan deras turun.
c) Melakukan penataan saluran drainase agar limpasan air permukaan tidak liar dan tertampung dalam saluran.
d) Rumah-rumah yang berada dekat dengan lereng terjal yang kondisinya serupa agar meningkatkan kewaspadaan terutama saat hujan deras turun. Ruang kamar dan tempat berkumpul agar berada pada bagian rumah yang paling jauh dari lereng terjal.
e) Meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai daerah rawan longsor dengan memasang rambu-rambu peringatan sebagai upaya mitigasi bencana gerakan tanah.
f) Masyarakat agar selalu mengikuti arahan pemerintah setempat.

Foto Kejadian dan Sosialisasi
Informasi Gerakan Tanah
Tipe Gerakan Tanah
Longsoran Translasi
Dampak Gerakan Tanah

Belum ada informasi mengenai dampak dari kejadian gerakan tanah ini.


Kondisi Daerah Bencana
Morfologi
Secara umum lokasi gerakan tanah ini merupakan daerah perbukitan yang memiliki kemiringan lereng Miring (sloping) : 4º - 8º, Agak curam (moderately steep) : 8º - 16º
Geologi
Belum dilaporkan.
Keairan
Belum dilaporkan.
Tata Guna Lahan
Tata Guna Lahan di lokasi gerakan tanah ini berupa Pemukiman.
Kerentanan
Berdasarkan Peta Potensi Gerakan Tanah yang dikeluarkan Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada bulan ini, lokasi bencana berada pada Zona Potensi Gerakan Tanah Rendah hingga Menengah. Yang artinya daerah ini memiliki potensi rendah hingga menengah untuk terjadi gerakan tanah.

Faktor Penyebab Gerakan Tanah
Curah Hujan Yang Tinggi
Pelapukan
Kemiringan Lereng
Drainase Buruk
Pembebanan Lereng
Pemotongan Lereng
Lainnya : Dikawasan Pemukiman