Laporan Singkat Gerakan Tanah

Laporan Tanggapan Gerakan Tanah di Waimatan, Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur

Dibuat oleh M. Nizar Firmansyah, S.T., M.T., 05 April 2021 pukul 08:04:52 WIB

Lokasi dan Waktu Kejadian

Gerakan tanah terjadi di Waimatan, Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 2021-04-05 pukul 08:04:52 WITA. Secara Geografis, lokasi kejadian gerakan tanah terletak pada posisi -8.238367 LU dan 123.520313 BT.

Rekomendasi

Penduduk yang bermukim di bawah longsoran serta pemukiman yang rusak terlanda banjir bandang/aliran lahar/aliran bahan rombakan dan longsoran sebaiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman

Foto Kejadian dan Sosialisasi
Informasi Gerakan Tanah
Tipe Gerakan Tanah
Aliran
Dampak Gerakan Tanah

18 korban meninggal dunia


Kondisi Daerah Bencana
Morfologi
Secara umum lokasi gerakan tanah ini merupakan daerah pedataran, pegunungan yang memiliki kemiringan lereng Curam (steep) : 16º - 35º
Geologi
Berdasarkan peta geologi, lokasi bencana tersusun oleh formasi Batuan Gunungapi Ili Lewotolok (Qhvl). Jenis Batuan di antaranya adalah Lava, Aglomerat, Bomb, Kerikil, Pasir dan Abu Gunungapi. Jenis Pelapukan berupa .
Keairan
Belum dilaporkan.
Tata Guna Lahan
Belum dilaporkan.
Kerentanan
Berdasarkan Peta Potensi Gerakan Tanah yang dikeluarkan Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada bulan ini, lokasi bencana berada pada Zona Potensi Gerakan Tanah Menengah. Yang artinya daerah ini memiliki potensi menengah untuk terjadi gerakan tanah.

Faktor Penyebab Gerakan Tanah
Curah Hujan Yang Tinggi
Pelapukan
Kemiringan Lereng