Laporan Singkat Gerakan Tanah

Laporan Tanggapan Gerakan Tanah di Goisooinan, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Dibuat oleh Iqbal Eras Putra, S.T., 22 Juli 2020 pukul 17:26:11 WIB

Lokasi dan Waktu Kejadian

Gerakan tanah terjadi di Goisooinan, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada tanggal 2020-07-22 pukul 17:26:11 WIB. Secara Geografis, lokasi kejadian gerakan tanah terletak pada posisi -2.070992 LU dan 99.671246 BT.

Rekomendasi

Masyarakat yang beraktivitas dan para pengguna jalan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap gerakan tanah susulan terutama saat hujan deras dalam waktu lama.

Foto Kejadian dan Sosialisasi
Informasi Gerakan Tanah
Tipe Gerakan Tanah
Longsoran Rotasi/Nendatan
Dampak Gerakan Tanah

4 meter jalan rusak


Kondisi Daerah Bencana
Morfologi
Secara umum lokasi gerakan tanah ini merupakan daerah perbukitan yang memiliki kemiringan lereng Agak curam (moderately steep) : 8º - 16º, Curam (steep) : 16º - 35º
Geologi
Berdasarkan peta geologi, lokasi bencana tersusun oleh formasi Formasi Batumonga. Jenis Batuan di antaranya adalah Perselingan napal, batupasir gampingan, batugamping pasiran, batulempung tufaan. Jenis Pelapukan berupa Tanah pelapukan berupa batulempung pasiran. Struktur berupa Struktur geologi berupa sesar naik berarah baratlaut-tenggara yang membentang di sisi baratdaya lokasi bencana
Keairan
Keairan di lokasi gerakan tanah berupa Lainnya.
Tata Guna Lahan
Tata Guna Lahan di lokasi gerakan tanah ini berupa Jalan, Kebun Campuran, Hutan.
Kerentanan
Berdasarkan Peta Potensi Gerakan Tanah yang dikeluarkan Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada bulan ini, lokasi bencana berada pada Zona Potensi Gerakan Tanah Menengah hingga Tinggi. Yang artinya daerah ini memiliki potensi menengah hingga tinggi untuk terjadi gerakan tanah.

Faktor Penyebab Gerakan Tanah
Curah Hujan Yang Tinggi
Kemiringan Lereng
Drainase Buruk