Tanggapan Kejadian
42 km BaratDaya BOLAANG UKI, BOLSEL, SULUT

Tanggapan dibuat oleh Arianne Pingkan Lewu, S.T., 23 Juni 2020 pukul 14:43:29 WIB

6.3 SR Bone Bolango,Bolaan Uki dan Luwuk IV MMI, Gorontalo,Lolak,Ampana,Tutuyan III-IV MMI, Soroako III MMI, Malili III MMI, Bitung III MMI, Kotamobagu III MMI, Palu II MMI, Manado II MMI, Toli-toli II MMI, Toraja II MMI, Masamba II Tidak berpotensi Tsunami

Terjadi gempa bumi pada hari Selasa, 23 Juni 2020 pukul 14:43:29 WIB. Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada pada koordinat 0.03°LU dan 123.82°BT dengan magnitudo 6.3 pada kedalaman 94 km, berjarak 42 km barat daya, Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara. Berdasarkan GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, pusat gempa bumi berada pada koordinat 123.85° BT dan 0.06° LU, dengan magnitudo 6.0 (Mw) pada kedalaman 114 km. Berdasarkan The United States Geological Survey (USGS), Amerika Serikat, pusat gempa bumi berada pada koordinat 123.797° BT dan 0.057° LU, dengan M 5.9 pada kedalaman 120.3 km.


Pusat gempa bumi berada di laut. Umumnya, lokasi yang dekat dengan pusat gempabumi tersusun oleh batuan gunungapi Tersier hingga Kuarter. Batuan ini umumnya bersifat lepas, berpotensi pencairan lahan dan mudah longsor pada lereng yang curam. Batuan yang bersifat lepas umumnya akan memperkuat efek guncangan gempa sehingga guncangan gempa lebih terasa.


Berdasarkan lokasi dan kedalaman pusat gempa bumi, diperkirakan gempa bumi ini berasosiasi dengan aktifitas Zona Penunjaman Punggungan Mayu.


Belum ada laporan korban dan kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi ini. Gempabumi dirasakan Pos PGA Colo dengan skala intensitas II-III MMI, IV Bone Bolango,Bolaan Uki dan Luwuk, III-IV Gorontalo,Lolak,Ampana,Tutuyan, III SoroakoMalili,Bitung,Kotamobagu, II Palu,Manado,Toli-toli,Toraja,Masamba. Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami karena kemungkinan tidak ada dislokasi dasar laut


1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPPD setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan.

Follow Kami

Pilih salah satu akun sosial media kami untuk mendapatkan update terkini tentang bahaya geologi di Indonesia.


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi

Badan Geologi

Kementerian ESDM