Tanggapan Kejadian
79 km Tenggara SUMBAWA-NTB

Tanggapan dibuat oleh Arianne Pingkan Lewu, S.T., 13 Juni 2020 pukul 16:15:49 WIB

5.4 SR Sumbawa III-IV MMI, Bima dan Dompu III MMI, Pos PGA Tambora, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, Mataram, Karangasem dan Labuan Bajo II MMI Tidak berpotensi Tsunami

Gempa bumi terjadi pada hari Sabtu, tanggal 13 Juni 2020. Berdasarkan Informasi BMKG gempa terjadi pukul 16:15:49 WIB pusat gempa bumi berada pada koordinat 9.01 °LS dan 117.91°BT, dengan magnituda 5,4 pada kedalaman 10 km, berjarak 78 km Tenggara Sumbawa NTB. Gempa bumi ini diikuti oleh gempa bumi susulan.


Pusat gempa bumi berada di laut, terasa di daerah sekitarnya yang disusun oleh batuan vulkanik dan aluvium berumur Kuarter serta batuan sedimen berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan sehingga bersifat, urai, lepas, dan bersifat memperkuat efek goncangan gempa.


Berdasarkan kedalamannya, gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan patahan aktif yang berada di dekat episenter.


Gempa bumi ini dilaporkan terekam dan terasa di pos PGA G. Tambora pada skala II MMI. Hingga tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa bumi ini. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun gempa bumi berpusat di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu tsunami.


- Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami
- Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang energinya lebih kecil dari gempa bumi utama.

Follow Kami

Pilih salah satu akun sosial media kami untuk mendapatkan update terkini tentang bahaya geologi di Indonesia.


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi

Badan Geologi

Kementerian ESDM