Diperbarui pada Selasa, 04 Agustus 2020 13:00:02 WIB
MAGMA Indonesia (Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment in Indonesia) adalah aplikasi multiplatform (web & mobile) yang dibangun dan dikembangkan secara mandiri oleh PVMBG sejak tahun 2015 sebagai sebuah inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik di bidang mitigasi bencana geologi. Aplikasi yang dikembangkan menggunakan teknologi terkini (up-to-date) yang utamanya bersifat Open Source. MAGMA Indonesia meliputi aplikasi untuk digunakan secara internal pegawai (pelaporan) maupun external/publik (akses informasi quasi-realtime).
Untuk akses internal, penggunaan aplikasi ini sudah mulai dilakukan untuk pelaporan rutin aktivitas gunungapi (laporan rutin per 6 jam maupun per 24 jam) maupun pelaporan yang bersifat administratif (cuti/Ijin, Inventaris Pos, Kondisi Peralatan, maupun hal-hal Kepegawaian). Hasil pelaporan di atas kemudian dapat diakses secara internal melalui aplikasi Android dan Web.
Untuk akses publik, masyarakat sudah dapat mulai mengakses informasi melalui magma.esdm.go.id, di antaranya:
MAGMA
Indonesia adalah suatu sistem informasi kebencanaan geologi yang terus
belajar dan berevolusi, fitur-fitur tambahan akan hadir disesuaikan
dengan kebutuhan. Ke depan diharapkan bahwa seluruh informasi matra
bencana geologi akan dapat diakses melalui satu "jendela". PVMBG saat
ini juga sedang mengembangkan agar aplikasi web untuk publik ini dapat
diakses dalam bentuk aplikasi Android yang dapat diakses secara
real-time sehingga diharapkan dapat lebih memudahkan masyarakat dalam
memperoleh informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi. Adapun nilai
inovasi dan kreativitas yang terkandung dalam MAGMA Indonesia ini antara
lain:
Adapun beberspa prestasi dan apresiasi yang pernah diterima oleh MAGMA Indonesia sejak pertama kali dirilis kepada publik, antara lain: